Sabtu, 17 Desember 2016

Cara Memasang Baja WF yang Baik dan Benar

Cara Memasang Baja WF yang Baik dan Benar


Besi baja wf pada umumnya di produksi dengan panjang 12 meter, untuk pablikasi sebuah bangunan tentu ada pemotongan maupun sambungan,agar material tidak terbuang.
Kalau untuk baja berukuran kecil,atau untuk beban yang ringan mungkin cukup sambung las, sudah kuat.
Bagaimana kalau baja yang akan di sambung akan memikul baban yang berat, misalkan untuk “rafter “dengan bentangan panjang, atau untuk balok “mezzanine” yang tentu akan memikul beban yang berat pula.
Dari sini perlu ada teori untuk menyambung baja, agar sambungan tersebut kuat bahkan lebih kuat dari kekuatan basic nya.


Pertama,potong “lurus” dulu kedua sisi baja wf yang akan di sambung, selanjutnya potong “miring” di bibir punggung baja wf dan juga di bibir  tengah. Dengan kemiringan kurang lebih 45 derajat.

Kedua,gerinda sampai bersih dari kotoran bekas potongan. dan jangan lupa di siku, agar proses menyambung lebih mudah. Selelah bersih dan posisi potongan dalam keadaan siku 90 derajat.
Lansung bisa mulai sambung,dekatkan kedua sisi tersebut sampai rapat, dan pastikan ada selah bekas potongan miring tadi untuk tempat lasan,
Setelah posisi rapat, lihat dulu dan pastikan kedua belah dalam posisi lurus. Selanjutnya “cantum” alias las dikit dulu di posisi tengah atas baja wf, lalu cantum lagi di posisi tengah bawah wf, perhatihan; ini sangat penting, jangan asal cantum..kenapa? karena untuk memudah cara seting atau meluruskan kembali, jadi intinya kalau di cantum tengah, nanti akan mudah untuk getok kanan atau kiri agar benar-benar lurus.
Setelah anda yakin sudah benar lurus,baru “cantum” lagi atau las dikit di tiap-tiap bibir baja wf, atas dan bawah, kali ini semua“cantuman” di kuatkan  agar tidak patah saat di angkat atau di pindahkan.

Ketiga; pengelasan,untuk  pengelasan agar hasilnya maksimal di punggung baja wf jangan di las sekali jadi usahan dua atau tiga tahap dengan cara berulang,
Dengan catatan, tiap-tiap tahapan dari las pertama dan selanjutnya harus benar-benar bersih dari bekas kotoran las, caranya getok-getok kecil pakai besi apalah, lalu di kuas agar debunya juga hilang.

Keempat; setelah selesai pengelalasan,  potong plate type1 dan type2 seperti di gambar.
Masing-masing dua lembar, untuk atas bawah dan kanan kiri, jangan lupa di gerinda agar bebas dari kotoran bekas potongan.
Lalu gerinda sampai rata semua lasan yang muncul di sambungan baja wf tadi, selanjutnya tempelkan plate pada tempatnya masing-masing seperti di gambar, dengan cara ”cantum”
Alias las dikit pada tiap ujung plate dan tengah, selanjuntnya sudah bisa langsung las full..
Teori di atas untuk sambungan balok atau rafter yang panjangnya kurang dari 12meter.
Atau yang pablikasi lansgsung di lokasi proyek .
Untuk yang pablikasi di workshop dan panjang rafter lebih dari 12 meter, untuk memudahkan mobilisasi lebih baik gunakan sambungan system baut.

Untuk informasi lebih lengkap atau sekedar ingin berkonsultasi mengenai Jasa Konstruksi Besi Baja anda bisa mengubungi kami dengan nomor dibawah ini :
H. Wiyoso
Phone : (0355) 532 783
HP : 0813 5974 2866 – 0813 6841 0299
PIN BBM : 20FC8977
E-mail : indoputrajaya@gmail.com

1 komentar:


  1. Jika anda membutuhkan suplier stainless steel atw distributor besi di jakarta,
    Beyond-steel Indonesia bisa menjadi referensi anda untuk berbelanja. menjual aneka baja dan Stainless industri dengan kualitas terjamin, c/w certificate.

    Jual Baja WF Beam,

    Jual Besi UNP SNI,

    Jual Besi Beton,

    Jual Besi Kanal C,

    Jual Besi Siku SNI,

    Jual Besi Hollow,

    Jual Besi H Beam SNI,


    Untuk info lebih lengkap silahkan hubungi: sales@beyond-steel.com

    BalasHapus