Sabtu, 17 Desember 2016

Beberapa Kesalahan Dalam Fabrikasi

Beberapa Kesalahan Dalam Fabrikasi


Beberapa Kesalahan yang Dilakukakan di Dalam Fabrikasi

Sifat jenis baja yang mudah memuai saat terkena panas dengan tegangan tertentu, Sering kali membuat repot dalam proses fabrikasi, terutama saat pengelasan maupun pemotongan yang menggunakan api dengan tegangan yang cukup tinggi. Dalam hal ini sering terjadi pembengkokan yang tidak di sengaja di tempat pengelasan tersebut. Sedangkan fabrikasi tentunya ingin hasil yang baik sesuai rencana,
Untuk mengatasi masalah ini pekerja harus extra hati-hati atau control dengal teliti sebelum semua ini terjadi,karena akibatnya tentu akan banyak waktu untuk memperbaiki agar hasilnya sesuai rencana.
Sebelum mulai pengelasan full, ada baiknya pasang vout alias stut/penyangga sementara, menggunakan besi beton atau apa saja besi yang tidak terpakai tapi bisa di gunakan untuk stut tadi. Dan perlu di ingat jangan di buka besi penyangga sebelum bekas pengelasan benar-benar dingin.

Proses pemasangan plate simpul untuk balok maupun rafter
Dengan menambahkan beberapa material  plate yang di bentuk segitiga.
Sering kali banyak pekerja yang mengabaikan hal tersebut, padahal masalah ini sangatlah penting,di samping untuk menahan lasan agar tidak bengkok juga berfungsi untuk menambah daya kekuatan lasan , dan sekali lagi ini sangat penting karena balok atau rafter tentu akan memikul tumpuhan beban yang berat, di samping beban matrial sendiri juga beban yang akan di letakan di atasnya.
Jadi intinya jangan lupa pasang plate segitiga yang mengikat antara plate simpul dan palte tengah wf. Lalu sama-sama di las full, untuk material tidak perlu pakai plate utuh,tapi cukup pakai sisa potongan baja wf,atau sisa potongan plate yang ukuranya kecil –kecil. Yang penting cukup untuk di gunakan. Untuk ketebalan plate bisa dari 6mm,8mm,10mm atau 12mm sesuaikan dengan tebal plate tengah wf yang di gunakan.

Kasus menyambung baja wf, biasanya saat seting atau waktu proses penyambungan sudah di seting lurus. Tapi setelah proses pengelasan selesai, sambungan tersebut jadi bengkok,di karenakan baja wf tersebut memuai karena terkena suhu panas lasan yang sangat tinggi. Dan ini hampir pasti terjadi pada setiap sambungan baja wf menggunakan sistem las. Lalu bagaimana mengatasinya?
Untuk mengatasinya yaitu dengan cara di bakar menggunakan blander alias alat pemotong baja yang menggunakan api,dari kombinasi antara oxygen dan gas. Cara kerjanya bakar sekitar lengkungan sampai baja tampak merah,lalu siram pakai air perlahan-lahan, nanti ada tarikan sehingga  posisi kembali lurus. Ingat. Jangan berlebihan waktu penyiraman, sekiranya sudah lurus berhenti. karena bisa jadi bengkok lagi ke arah yang berlawanan.


Saat pemotongan menggunakan blander/api dari kombinasi antara oxygen dan gas.yang di sesuikan dengan ujung “nosel”
Kasus ini kebanyakan terjadi pada pembelahan baja wf, dan pekerja belum tahu masalah ini  lalu mereka langsung potong saja dari ujung ke ujung, akibatnya hasil potongannya bengkok parah dan yang paling parah lagi baja jadi melintir. Kalau sudah begini sangat repot nantinya untuk proses fabrikasi selanjutnya. Untuk menghindari hal tersebut baiknya ikuti cara belah baja wf. Start potong jangan dari ujung baja wf, melainkan minimal 5cm jarak dari ujung, dan selanjutnya potong lurus memanjang sampai 100 atau 150 cm,lalu berhenti. Dan mulai potong lagi minimal 5cm dari jarak berhenti tadi,begitu seterusnya dan terakhir juga di sisakan sekitar jarak 5cm, setelah itu biarkan sampai baja benar-benar dingin, Dan setelah dingin baru mulai potong sisa-sisa yang belum di potong tadi. Cara membelah baja wf seperti ini hasilnya akan lebih baik, kalau pun ada bengkok juga tidak seberapa dan masih mudah untuk di proses selanjutnya

Untuk informasi lebih lengkap atau sekedar ingin berkonsultasi mengenai Jasa Konstruksi Besi Baja anda bisa mengubungi kami dengan nomor dibawah ini :
H. Wiyoso
Phone : (0355) 532 783
HP : 0813 5974 2866 – 0813 6841 0299
PIN BBM : 20FC8977
E-mail : indoputrajaya@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar